ID FOOD Ajak Pemuda ikut Berperan sebagai Pelaku Usaha Pertanian

  Radar Istana.Jakarta- Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD mengajak Pemuda Milenial untuk ikut berperan sebagai Pelaku usaha Pertanian da...

 


Radar Istana.Jakarta- Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD mengajak Pemuda Milenial untuk ikut berperan sebagai Pelaku usaha Pertanian dan berkontribusi untuk mengantisipasi krisis pangan dan mewujudkan Kedaulatan pangan Nasional.  


Menurutnya dalam menghadapi isu krisis pangan perlu dilakukan semua Pemangku kepentingan termasuk peran Pemuda atau Milenial untuk ikut berkontribusi. 


“Saat kita bicara tentang ketahanan pangan tak luput dari stok pangan di Indonesia, contohnya seperti Singapore yang punya stok pangan cukup, darimanapun stoknya, beli dari manapun itu, itu bisa cukup, padahal Singapore negara yang tidak punya source pangan, tetapi stok pangannya selalu aman dan memenuhi tingkat permintaan masyarakatnya,”Ungkapnya.


Frans menyampaikan

Perang Rusia Ukraina cukup berdampak bagi Indonesia, sumber penghasil gandum ada di Rusia dan Ukraina. Tentu berdampak bagi petani juga, harga pupuk naik karena sumbernya dari sana. Cita - cita Indonesia mencapai kedaulatan pangan, oleh karenanya dibutuhkan dukungan Insan muda untuk ikut berperan sebagai pelaku usaha pertanian, kontribusi terhadap pangan.


“Contoh yang simple di dalam negeri adalah adanya gejolak minyak goreng beberapa waktu lalu, kita memastikan stok minyak goreng dalam negeri ini aman. Termasuk peran BUMN ID FOOD bersama Stakeholders dalam memastikan ketersediaan pangan minyak goreng, situasi ketahanan pangan merupakan akumulasi dari dinamika perkembangan pangan nasional, termasuk trend pertanian global juga mempengaruhi ketahanan pangan nasional.


“Saat ini komoditas pangan yang masih bergantung pada impor adalah kedelai, bawang putih, daging dan gula. Sedangkan beras, jagung, telur ayam dan minyak goreng tingkat cadangan pangannya tergolong cukup, sehingga beberapa komoditas perlu menjadi perhatian Pemerintah untuk meningkatkan kemampuan produksi secara mandiri,”Jelasnya.


Frans melanjutkan seperti diketahui bersama bahwa  Presiden Joko Widodo mendapat penghargaan dari IRRI (International Rice Research Institute) dalam hal swasembada beras di Indonesia. Begitupun komoditas Jagung juga sudah 4-5 tahun kita tidak melakukan importasi. Mengenai kedelai, bawang putih, daging sapi menjadi PR bersama untuk perbaikan hulu hilir pangan.


“Tantangan pangan di Indonesia ada dari sisi kendala industri, seperti keterbatasan lahan, kemudian prediksi iklim dan persaingan industri. Lalu ada juga kendala dari sisi petani, peternak, dan nelayan, daya beli dan kemampuan investasi yang terbatas, metode yang tradisional karena minimnya akses teknologi termasuk minimnya generasi penerus untuk turut serta membenahi pangan, oleh karenanya butuh generasi anak muda dan milenial untuk bersama - sama berkontribusi untuk ketahanan pangan Indonesia,” imbuh Frans. 


Menurutnya, fasilitas pendukung seperti gudang penyimpanan juga menjadi perhatian saat ini untuk mendukung stok pangan. 


“Isu harga masih sering terjadi 3-4 kali dalam setahun, seperti telur saat ini yang telah mencapai Rp 33.000/Kg. Sebenarnya kita punya produksi yang berlebih, tetapi tidak bisa menyimpan dan mengolahnya. Lalu kedepannya ada buah, itu mungkin buah yang sudah dipanen 8-9 bulan yang lalu, produksi petani kita sudah baik, akan tetapi di penyimpanan dan pengolahannya yang perlu kita transformasi bersama,”ujarnya.


Menurutnya, hampir sebagian besar produksi komoditi pangan kita sudah lebih baik, bahkan diatas angka ketersediaan kita.

BUMN ID FOOD berperan dalam

menghadapi disrupsi pangan global, tujuan yang diamanatkan Pemerintah adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. “PR kami adalah pada saat kami bertumbuh kami juga memperhatikan kesejahteraan petani, maka dari itu kami bekerja sama dengan 2 juta petani, peternak, nelayan dalam meng off-taker maupun proses onfarming terkait produk-produk mereka,” terangnya.


Sebagai holding pangan ID FOOD memiliki beberapa program untuk membangun ekosistem pangan nasional. Pertama ada Warung Pangan, bagaimana kita bisa menyediakan produk ke warung-warung dan juga sebagai marketplace sesama penjual untuk transaksi jual dan beli. Saat ini sudah ada 3-5 rb mitra terutama warung, targetnya nanti akan sampai 30.000 mitra.


Pada sektor Peternakan, saat ini sudah bisa memproduksi DOC Ayam dengan kontribusi 10-15%, dan menciptakan ekosistem untuk peternak.


Di sektor Pertanian, kontribusi ID FOOD terdapat program makmur sinergi seluruh BUMN di bidang pertanian dan lintas sektor seperti Perbankan dan Asuransi untuk membantu petani, saat ini sudah melakukan tanam sekitar 180rb hektare untuk pangan pokok jagung, padi dan tebu targetnya adalah 2jt hektare dalam waktu 3-4 tahun kedepan.


“Kami berharap Anak - Anak Muda Milenial dapat bergabung menjadi pelaku usaha Pertanian supaya dapat menyokong industri pertanian Indonesia,”Pungkasnya.


Sementara itu, Sekretaris Korporasi Holding Pangan ID FOOD Yossi Istanto menambahkan  bahwa dampak perubahan bonus geografi dalam menghadapi tantangan industri pangan 

bergantung bagaimana kita menyiapkan Anak - Anak muda Milenial, khususnya dari sisi teknologi semua sektor seperti salah satunya Pertanian perlu sentuhan teknologi, oleh karenanya keterlibatan Milenial dan pemanfaatan teknologi diperlukan untuk mendukung Ketahanan pangan Indonesia.

(Zulham Daeng)


———————————

COMMENTS

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Nama

Aceh,260,Aceh barat,5,Aceh besar,5,Aceh singkil,133,Aceh tengah,1,Aceh timur,28,Aceh utara,1,bali,1,Banda Aceh,49,Bandar Lampung,20,Bandung,9,Bandung Barat,2,bangka,3,Bangka Belitung,430,Bangka Selatan,10,Bantaeng,1,Banten,5,banyuasin,5,banyuwangi,1,Barito selatan,2,Barito timur,391,Barito Utara,50,Batam,69,Batang,2,Batu Bara,2,Bekasi,21,bener meriah,242,Bengkalis,5,bengkulu,1,Bogor,6,bukit tinggi,11,china,1,ciamis,1,cikarang,1,cileungsi,1,cimahi,1,Demak,11,denpasar,1,depok,1,dumai,3,garut,1,indonesia,4,Jakarta,167,jambi,14,Jawa barat,2,Jawa tengah,2,Jawa timur,2,jayapura,1,jogjakarta,1,Kab Bekasi,2,Kab. Bekasi,1,Kab. Way Kanan,8,Kab.Sintang,31,Kalbar,39,Kalideres,1,Kalimantan timur,1,Kalteng,58,kaltim,1,kampar,1,Kapuas hulu,426,Kayong utara,82,kayonh,1,klaten,1,Kuantan Singingi,2,Kudus,1,labuhan batu,14,labuhan hantu,3,Lampung,12,Lampung Tanggamus,1,Lampung Tengah,7,Lampung timur,1,Lampung Utara,82,Lamsel,1,Lebak,1,lombok,1,lumajang,1,Madiun,1,magelang,1,majalengka,1,makasar,4,Makassar,8,maluku,1,Manado,1,manokwari,1,Medan,53,Melawi,21,menggala,1,MESUJI,100,Mojokerto,2,Muara Enim,3,MUBA,205,MURATARA,217,Nagan raya,5,Nias,1,Padang,2,Pakpak Bharat,3,palangkaraya,7,palembang,24,pamulang,1,Pandeglang,305,pangkal pinang,33,Papua,14,pasawaran,95,pasuruan,1,pekalongan,1,Pekanbaru,3,pemalang,1,phakphak barat,1,plakat tinggi,1,ponorogo,9,Pontianak,8,pringsewu,1,probolinggo,1,purwakarta,1,Rawajitu,1,Riau,2132,Sabang,1,sabulussalam,1,SAMARINDA,2,Sanggau,4,Sekayu,60,Selayar,1,Semarang,2,Serang,13,simalungun,91,solo,1,subang,1,subulussalam,133,Sulawesi barat,226,Sulawesi Selatan,1,sumsel,2,surabaya,3,surakarta,1,Taliabu,22,tanah jawa,2,tanggerang,3,tasikmalaya,1,Tekini,9,Terini,2,Terkini,7221,Terkinu,14,tulang bawang,510,TULANG BAWANG BARAT,18,Tulungagung,21,Yogyakarta,1,
ltr
item
Radar Istana: ID FOOD Ajak Pemuda ikut Berperan sebagai Pelaku Usaha Pertanian
ID FOOD Ajak Pemuda ikut Berperan sebagai Pelaku Usaha Pertanian
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhduhy-r3Or4ior_zDHl1R0r89xjZbuXRgw7KAUIrgQ867DBX__wYx1ihl9aZOKHWXU5mywuo6r4CgGWgUDG0LsdzkwR_EXvFszQfteMHqdeHSVTAZBveIZfMu_LGqn-KLq7xsQmhIWgMHyqGHVTmCeyLQt-y2zfV-GP5tfFz4oIwBDOfbD6ED3U0OkiQ/s320/IMG-20220830-WA0174.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhduhy-r3Or4ior_zDHl1R0r89xjZbuXRgw7KAUIrgQ867DBX__wYx1ihl9aZOKHWXU5mywuo6r4CgGWgUDG0LsdzkwR_EXvFszQfteMHqdeHSVTAZBveIZfMu_LGqn-KLq7xsQmhIWgMHyqGHVTmCeyLQt-y2zfV-GP5tfFz4oIwBDOfbD6ED3U0OkiQ/s72-c/IMG-20220830-WA0174.jpg
Radar Istana
https://www.radaristana.com/2022/08/id-food-ajak-pemuda-ikut-berperan.html
https://www.radaristana.com/
https://www.radaristana.com/
https://www.radaristana.com/2022/08/id-food-ajak-pemuda-ikut-berperan.html
true
8630875968892988369
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy