PT MP Turut Andil Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,Pendidikan dan Peningkatan Infrastruktur Desa Melalui Program CSR.

  Radar Istana-Kayong Utara.  Sabtu, 18 Mei 2024 Tiga soal mendasar yang dihadapi daerah-daerah berkembang adalah soal terbatasnya infrastru...

 



Radar Istana-Kayong Utara. 

Sabtu, 18 Mei 2024

Tiga soal mendasar yang dihadapi daerah-daerah berkembang adalah soal terbatasnya infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Dalam hal infrastruktur masalahnya pada jalan dan jembatan. 

Di bidang pendidikan, masalah yang umum dihadapi adalah ketersediaan guru, dan perangkat penunjang seperti buku-buku bahan pendukung bahan ajar, Sedangkan dalam bidang kesehatan adalah ketersediaan perangkat pendukung dan ketersediaan air bersih.

Soal-soal mendasar tersebut, telah diidentifikasi oleh tim CSR/CD PT Mayawana Persada (MP) ketika perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) tersebut mulai berinvestasi di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Sejalan dengan mulainya investasi perusahaan di dua kabupaten tersebut, masalah-masalah sosial masyarakat, juga menjadi perhatian utama. Karena itu, sejak 2019, seiring dengan operasional perusahaan, maka program-program CSR juga mulai dirancangkan dan dijalankan.


Program CSR dimulai dengan melakukan pemetaan sosial, untuk mengetahui apa yang mendesak dibutuhkan masyarakat. Ternyata yang utama adalah keterbatasan akses transportasi karena keterbatasan jalan dan tidak adanya jembatan yang menghubungkan antar desa.

Bantuan infrastruktur dimulai dengan bantuan pembuatan jembatan di Desa Sekucing Kualan, Kecamatan Simpang Hulu, Ketapang pada 2019. Setahun berikutnya, 2020 bantuan infrastruktur makin meningkat dengan melakukan perbaikan jalan utama Desa Sekucing Labai, perbaikan jalan utama desa Sekucing Kualan, dan perbaikan jalan utama Desa Kualan Hilir, dan perbaikan jembatan di Desa Kualan Hilir. 

Ke tiga desa tersebut berada di wilayah Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Selain perbaikan jalan, PT MP juga membuka dan membangun jalan baru di Desa Sekucing Kualan, yang juga masuk wilayah Kecamatan Simpang Hulu.


Sebelum PT MP menjalankan usaha di wilayah Simpang Hulu, masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itu, PT MP kemudian membantu masyarakat membuat sumur bor di Desa Kualan Hilir, dan Desa Sekucing Kualan.

Sebagai kelengkapan penyediaan air bersih, PT MP juga membantu pengadaan tandon air kapasitas 5.000 liter sejumlah 145 unit. Tandon air ini ditempatkan di lokasi yang dekat dengan rumah penduduk. “Sehingga mereka dimudahkan bila mengangkut air. Tidak perlu jauh-jauh,” kata Dwi Oktarina, yang membidangi CSR/CD PT MP.

Pada 2020 dunia dilanda Covid 19, termasuk Indonesia dan tentu juga mewabah ke wilayah Kalimantan Barat. PT MP pun turun tangan bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menangani Covid19. PT MP selain membantu sembako untuk warga, juga melakukan penyemprotan disinfektan. “Kami juga membuat posko dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” kata Dwi menambahkan.

Pada tahun 2020 itu, PT MP mulai juga membantu bidang pendidikan dengan menyediakan honor guru PAUD/TK di Desa Sekucing Kualan, Kecamatan Simpang Hulu. “PT MP sangat memperhatikan pendidikan anak-anak kami disini dengan menyediakan honor untuk para Guru PAUD,” kata Kepala Desa Sekucing Kualan, Yermiarim. 

Insentif untuk guru honorer dan bantuan beasiswa diberikan setiap bulan. Mereka yang mengabdi sebagai guru karena mereka ada diantaranya sedang dalam proses menjadi guru tetap atau PNS.  “Jika yang bersangkutan sudah menjadi PNS kelak, maka alokasi anggaran akan dialihkan pada guru honorer lainnya,” kata Dwi melanjutkan.

Pada tahun 2021, PT MP melanjutkan bantuan pembuatan sumur bor dan tandon air bersih, dengan  membuat 9 sumur bor di tiga dusun, berikut 71 unit tandon air kapasitas 500 liter. 

Ke tiga dusun yang mendapat bantuan tersebut adalah Dusun Mentawa Biring, Desa Kampar Sebomban, Dusun Meraban, Desa Kualan Hilir, dan Mungguk Naning, Desa Sekucing Kualan.

Menginjak tahun 2022, CSR PT MP lebih banyak lagi memasuki bidang pendidikan, sosial  dan keagamaan. Pada tahun itu, jumlah sekolah yang mendapat insentif untuk guru honorer sudah mencapai 7 sekolah terdiri dari PAUD, SD, dan SMP. Selain itu, dua orang siswa mendapat beasiswa dari PT MP yaitu seorang untuk siswi SMP dan seorang untuk mahasiswa S-1.

Di bidang kesehatan, PT MP membantu sebuah unit mobil Ambulance untuk Desa Durian Sebatang, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara. “Bantuan Ambulance dari PT MP ini sangat penting bagi warga kami dalam hal meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat,”kata Sucipto, Kepala Desa Durian Sebatang.

Sebelum ada bantuan ambulance dari PT MP, warga yang butuh ke rumah sakit rujukan, kesulitan mendapatkan angkutan. “Adanya ambulance ini, setidaknya membuat warga kami, merasa tenang bila dibutuhkan secara mendadak butuh angkutan ke rumah sakit,” tambah Sucipto.

Selain Desa Durian Sebatang,  bantuan ambulance juga diberikan pada Desa Sekucing Labai, Kualan Hilir, dan Desa Kampar Sebomban.


Disamping bantuan perbaikan jalan, membangun jembatan, bidang kesehatan dan pendidikan, setiap tahun PT MP juga membantu untuk bidang-bidang social keagamaan lainnya. Khususnya untuk temnpat ibadah Gereja dan Masjid.

Secara rutin PT MP membantu pelaksanaan perayaan hari-hari besar keagamaan, seperti perayaan Natal, perayaan Paskah, Idul Fitri, Idul Adha, serta Isroj Miraj. Bantuan tempat ibadah  tidak luput dari perhatian PT MP. Misalnya, pembangunan dan renovasi gereja dan Masjid.

Bantuan tidak kalah penting yang dilakukan PT MP adalah untuk kegiatan adat Dayak. Dalam hal ini, PT MP terlibat aktif dalam acara-acara adat Dayak. Untuk hal ini, Sekretaris I DAD Kecamatan Simpang Hulu, Yohanes Iwan mengatakan PT MP ikut berperan dalam melestarikan Budaya dan adat Dayak.

Ke depannya, seiring dengan perkembangan perusahaan, Yohanes Iwan berharap partisipasi PT MP dalam melestarikan dan bahkan mengembangkan budaya Dayak lebih besar lagi.

Sejalan dengan harapan tersebut, Manajemen PT MP juga berkomitmen terus meningkatkan program CSR dan juga program-program yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat atau community development (CD). 

“Manajemen PT MP berkomitmen terus meningkatkan program CSR dan CD sejalan dengan semakin berkembangnya perusahaan,” kata Yohanes Supriyadi, yang membawahi bidang CSR PT MP.

Menurut Yohanes, PT MP sangat berkomitmen untuk maju bersama-sama masyarakat setempat. Kesungguhan PT MP dalam ikut membangun  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangat dirasakan masyarakat setempat.

Hal ini dikemukakan dinyatakan Kepala Desa Kualan Hilir, Lorensius Kiang. “Kami jajaran aparat Desa dan masyarakat  terus mendukung PT MP di wilayah kami, karena sudah terbukti nyata keberadaan PT MP membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, baik lewat berbagai bantuan yang diberikan, juga lewat mempekerjakan warga desa di PT MP.

Keberadaan PT MP terbukti nyata ikut membantu program pemerintah dalam  meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program CSR dan CD yang sudah dilaksanakan.

Sejak awal PT MP hadir pada 2019 di wilayah  Desa Kualan Hilir, menurut Lorensius Kiang , sudah banyak membantu masyarakat setempat. 

“Kami sangat berharap PT MP terus maju dan berkembang sehingga dampak positifnya semakin meningkat bagi warga desa kami,” kata Lorensius Kiang, yang sudah menjabat Kepala Desa Kualan Hilir sejak 2021.


Abdul Khaliq

COMMENTS

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Nama

Aceh,260,Aceh barat,5,Aceh besar,5,Aceh singkil,133,Aceh tengah,1,Aceh timur,28,Aceh utara,1,bali,1,Banda Aceh,49,Bandar Lampung,20,Bandung,9,Bandung Barat,2,bangka,3,Bangka Belitung,430,Bangka Selatan,10,Bantaeng,1,Banten,5,banyuasin,5,banyuwangi,1,Barito selatan,2,Barito timur,391,Barito Utara,50,Batam,69,Batang,2,Batu Bara,2,Bekasi,21,bener meriah,242,Bengkalis,5,bengkulu,1,Bogor,6,bukit tinggi,11,china,1,ciamis,1,cikarang,1,cileungsi,1,cimahi,1,Demak,11,denpasar,1,depok,1,dumai,3,garut,1,indonesia,4,Jakarta,167,jambi,14,Jawa barat,2,Jawa tengah,2,Jawa timur,2,jayapura,1,jogjakarta,1,Kab Bekasi,2,Kab. Bekasi,1,Kab. Way Kanan,8,Kab.Sintang,31,Kalbar,39,Kalideres,1,Kalimantan timur,1,Kalteng,58,kaltim,1,kampar,1,Kapuas hulu,426,Kayong utara,82,kayonh,1,klaten,1,Kuantan Singingi,2,Kudus,1,labuhan batu,14,labuhan hantu,3,Lampung,12,Lampung Tanggamus,1,Lampung Tengah,7,Lampung timur,1,Lampung Utara,82,Lamsel,1,Lebak,1,lombok,1,lumajang,1,Madiun,1,magelang,1,majalengka,1,makasar,4,Makassar,8,maluku,1,Manado,1,manokwari,1,Medan,53,Melawi,21,menggala,1,MESUJI,100,Mojokerto,2,Muara Enim,3,MUBA,205,MURATARA,217,Nagan raya,5,Nias,1,Padang,2,Pakpak Bharat,3,palangkaraya,7,palembang,24,pamulang,1,Pandeglang,305,pangkal pinang,33,Papua,14,pasawaran,95,pasuruan,1,pekalongan,1,Pekanbaru,3,pemalang,1,phakphak barat,1,plakat tinggi,1,ponorogo,9,Pontianak,8,pringsewu,1,probolinggo,1,purwakarta,1,Rawajitu,1,Riau,2132,Sabang,1,sabulussalam,1,SAMARINDA,2,Sanggau,4,Sekayu,60,Selayar,1,Semarang,2,Serang,13,simalungun,91,solo,1,subang,1,subulussalam,133,Sulawesi barat,226,Sulawesi Selatan,1,sumsel,2,surabaya,3,surakarta,1,Taliabu,22,tanah jawa,2,tanggerang,3,tasikmalaya,1,Tekini,9,Terini,2,Terkini,7221,Terkinu,14,tulang bawang,510,TULANG BAWANG BARAT,18,Tulungagung,21,Yogyakarta,1,
ltr
item
Radar Istana: PT MP Turut Andil Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,Pendidikan dan Peningkatan Infrastruktur Desa Melalui Program CSR.
PT MP Turut Andil Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,Pendidikan dan Peningkatan Infrastruktur Desa Melalui Program CSR.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCXidoMXxBM2uXjSxC9-YUlzpSF2nS896_wED9aDz3QUx36FKyrHjcSl75WXvXa4Z-birZ6f_vNxjy7YN-wDGnz4yhk4ZkDBKhxa8NT9yVGSdJmlBeJjxrBscG7AUmzCx0fzV5wwxJz7RYkDPz2-l90iIo9mN7WymKqGQaKuvnAlcFV0m5k7Trbw8Z2ywJ/s320/IMG-20240518-WA0023.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCXidoMXxBM2uXjSxC9-YUlzpSF2nS896_wED9aDz3QUx36FKyrHjcSl75WXvXa4Z-birZ6f_vNxjy7YN-wDGnz4yhk4ZkDBKhxa8NT9yVGSdJmlBeJjxrBscG7AUmzCx0fzV5wwxJz7RYkDPz2-l90iIo9mN7WymKqGQaKuvnAlcFV0m5k7Trbw8Z2ywJ/s72-c/IMG-20240518-WA0023.jpg
Radar Istana
https://www.radaristana.com/2024/05/pt-mp-turut-andil-meningkatkan.html
https://www.radaristana.com/
https://www.radaristana.com/
https://www.radaristana.com/2024/05/pt-mp-turut-andil-meningkatkan.html
true
8630875968892988369
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy